Rabu, 22 Juli 2009

Menambahkan keterangan waktu pada laporan

Selain penomoran halaman, keterangan waktu pencetakan perlu juga ditampilkan pada laporan data kepegawaian. Hal ini terutama mengingat pergerakan data kepegawaian yang sangat dinamis. Aktualitas dan akurasi data menjadi sedemikian penting, karena ada saat-saat tertentu data mengalami perubahan yang drastis – misalnya keluarnya SK Kenaikan Pangkat.

Ada lagi jenis perubahan data yang relatif cepat – misalnya pada 2 hari yang lalu dari Bidang Mutasi diperoleh SK Mutasi Umum atas nama Tn. X dari unit kerja A ke Unit Kerja B. Oleh karena satu dan lain hal, pada hari ini SK Mutasi tersebut dibatalkan. Kiranya tak perlulah bertanya kenapa ada SK Mutasi cuma berumur 2 hari, dan bagaimana pula kualitas analisis yang memungkinkan hal itu terjadi. Yang penting: jika antara keluarnya SK dan pembatalannya kita sempat membuat laporan data, maka data yang ada di lembar laporan itu sudah tidak dapat dipakai lagi!

Cara menambahkan keterangan waktu pada laporan:

1. File > Page Setup

2. Pada kotak dialog Page Setup, masuk ke tab Header/Footer

3. Kalau mau, kita bisa memilih Header/Footer yang sudah disediakan oleh Excel. Kalau tidak, kita bisa mengkustomisasi Header/Footer yaitu dengan meng-klik Custom Header atau Custom Footer

4. Sebagai contoh, kita ingin memasukkan Footer sebelah kiri : Dicetak pada (tanggal_cetak);(jam_cetak). Klik Custom Footer, lalu pada Left Section tuliskan Dicetak pada &[Date]& ; &[Time]. Tekan OK dan OK untuk keluar dari kotak dialog Page Setup.


Kita bisa mengubah jenis huruf, besaran atau modelnya, dan keterangan-keterangan lain yang ingin kita tambahkan pada kotak dialog Header/Footer ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar