Rabu, 22 Juli 2009

Menampilkan judul kolom pada setiap lembar laporan

Jika kita menginginkan data laporan kepegawaian kita yang dibuat dengan Excel berfungsi sebagai database (meskipun dengan kemampuan pengolahan yang terbatas) maka data semestinya bersifat terus menerus, tidak terputus-putus agar kita bisa dengan mudah melakukan pengolahan seperti mem-filter atau menyortir atas data tersebut. Repotnya, pada pola penggunaannya yang umum, sumber/materi data Excel biasanya juga berfungsi sebagai laporan yang seringkali kudu ditampilkan sedikit berbeda.

Misalnya, saya masih sering melihat seorang rekan yang karena ingin menampilkan judul kolom pada setiap lembar laporannya, ia melakukan copy-paste judul kolom pada setiap awal lembar laporan. Hal demikian mestinya tidak perlu terjadi lagi, karena tanpa merusak tampilan data, Excel sudah menyediakan fasilitas perulangan baris (judul kolom) di setiap bagian atas lembar laporan. Begini:

  1. File > Page Setup
  2. Pada kotak dialog Page Setup, masuk ke tab Sheet
  3. Letakkan kursor pada isian Rows to repeat at top
  4. Pada lembar kerja Excel, arahkan tanda panah hitam pada baris/judul kolom yang ingin ditampilkan di setiap lembar cetak laporan data
  5. Sesudahnya klik OK, dan periksa hasil cetaknya dengan Print Preview.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar